Langsung ke konten utama

BASIS DATA




1.      Jelaskan perbedaan antara data, pengolahan dan informasi!
Jawab :
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupunsuatu konsep.
Pengolahan adalah Pengubahan atau transformasi simbol-simbol seperti nomor dan huruf untuk tujuan peningkatan kegunaannya bagi para penerimanya. Tujuan pengolahan ialah untuk mengambil informasi asli (data) dan darinya menghasilkan informasi lain dalam bentuk yang berguna (hasil).
Pengolahan data menurut George R. Terry,Phh adalah serangkaian operasi atau informasi yang diinginkan. Arti lain dari pengolahan data adalah suatu sistem yang akan mengolah masukan berupa bahan baku dan bahan-bahan yang lain menjadi keluaran berupa bahan jadi.
“Informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang berguna dan lebih berarti bagi sipenerima.Informasi juga menggambarkan suatu kejadian nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
Sedangkan sumber dari informasi adalah data, yang berbentuk simbol atau huruf, angka, gambar dalam data dan diolah menjadi suatu model informasi dan membuat keputusan dan melakukan tindakan yang berarti bagi sipenerima informasi.
Kualitas dari suatu informasi tergantung dari tiga hal, yaitu :
a.       Akurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bisa atau menyesatkan.
b.      Tepat waktu. Berarti informasi yang datang ke penerima tidak oleh terlambat.
c.       Relevan berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.
2.      1024 Byte       = 1024 x 8= 8192 Bit
3.      1GB                = 1024 x 1024 x 1024 = 1073741824 Byte.
4.      Jelaskan perbedaan field dengan file, berikan contohnya!
Jawab :
Field yaitu merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, Kumpulan dari field membentuk suatu record.
Contoh : nama, alamat dan lain sebagainya.
File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis.  Contoh : file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada.




5.      Berikan perbedaan antara DDL dengan DML berikan contoh perbedaannya!
            Jawab :
Data Definition Language ( DDL ) adalah Struktur/skema basis data yang menggambarkan/mewakili desain basis data secara keseluruhan didefinisikan dengan bahasa khusus yang disebut DDL. Dengan bahasa inilah kita dapat membuat tabel baru, membuat indeks, mengubah tabel, menentukan struktur penyimpanan tabel dan sebagainya. Hasil dari kompilasi perintah DDL adalah kumpulan tabel yang disimpan dalam file khusus yang disebut Kamus Data. Contoh : CREATE DATABASE dan CREATE TABLE.
Data Manipulation Language ( DML ) merupakan bentuk basis data yang berguna untuk melakukan manipulasi dan pengambilan data pada suatu basis data. Manipulasi data dapat berupa :
a.       Penyisipan/penambahan data baru ke suatu basis data.
INSERT - Menyisipkan record ke dalam tabel
Berfungsi untuk memasukkan data kedalam suatu record pada tabel tertentu
Bentuk umum :
INSERT INTO nama_tabel VALUES (‘field1’,’field2’,’field3’, ….)

b.      Penghapusan data dari suatu basis data.
UPDATE - Menghapus record dari tabel
Digunakan untuk mengubah record dari suatu tabel
Bentuk umum :
UPDATE nama_tabel SET field1=nilai_baru, field2=nilai_baru, ….. WHERE kondisi

c.       Pengubahan data dari suatu basis data.
DELETE - Menghapus record dari tabel
Berfungsi untuk menghapus suatu record pada tabel.
Bentuk umum :
DELETE FROM nama_tabel WHERE kondisi

           Contohnya: INSERT,DELETE, dan UPDATE.
6.      Mengapa dibutuhkan basis data dan DBMS dalam suatu sytem data?
Jawab:
Basis data dibutuhkan karena memiliki pemanfaatan, sebagai berikut : Memiliki Salah satu komponen penting dalam sistem informasi, kerana merupakan dasar dalam menyediakan informasi, Menentukan kualitas informasi : akurat, tepat waktu dan relevan, Mengurangi duplikasi data (data redundancy), Hubungan data dapat ditingkatkan, Manipulasi terhadap data dengan cepat dan mudah, Efisiensi penggunaan ruang penyimpanan, Tidak ada sistem informasi yang bisa dibangun tanpa adanya basis data.
DBMS dibutuhkan dalam suatu system data, Untuk :
a. Independensi data dan akses yang efisien.
b. Mereduksi waktu pengembangan aplikasi.
c. Integritas dan keamanan data.
d. Administrasi keseragaman data.
e. Akses bersamaan dan perbaikan dari terjadinya crash.

Karena Basis data adalah sekumpulan informasi yang diatur dalam cara tertentu hingga sebuah program komputer dapat dengan cepat memilih data yang diinginkan. Basisdata dapat diibaratkan sebagai sistem pengarsipan elektronis.
Sistem Manajemen Basis-Data (Data Base Management System / DBMS) adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol, dan meng-akses basis data dengan cara praktis dan efisien. DBMS dapat digunakan untuk meng-akomodasikan berbagai macam pemakai yang memiliki kebutuhan akses yang berbeda-beda. DBMS pada umumnya menyediakan fasilitas atau fitur-fitur yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah, aman, dan cepat.
7.      Jelaskan macam-macam file dalam basis data!
Jawab :
1.      File Induk (Master File)
Yaitu file yang digunakan untuk menyimpan data dari system informasi tertentu secara lengkap dan dipelihara secara teratur. File ini merupakan file utama dari file-file yang lainnya. File Induk dapat diperbaharui dengan adanya file Transaksi.
Ada 2 jenis tipe File Master :
a. Reference Master File, yaitu file yang berisi record yang tak berubah / jarang berubah. Contoh : berkas pelanggan yang berisi field nomor rekening, nama dan alamat.
b. Dynamic Master File, yaitu file yang berisi record yang terus-menerus berubah dalam kurun waktu tertentu atau berdasarkan suatu peristiwa transaksi. Contoh : berkas stok barang, dll.

2.      File Trasaksi
Yaitu file yang berisi informasi yang digunakan untuk memperbaharui file Master. Sehingga dengan adanya file transaksi ini, file master dapat berubah sesuai dengan informasi yang ada di file transaksi tersebut.
3.      File Laporan
     Yaitu file yang berisi data yang dibuat untuk laporan atau keperluan user, file ini hanya bisa dicetak pada kertas printer atau hanya ditampilkan di layar monitor.
4.      File Kerja
Yaitu file sementara dari system yang merupakan alat untuk melewatkan data yang dibuat oleh program ke program lain. Dalam hal ini adalah proses perubahan file master dengan menggunkan file transaksi sebagai file pengganti atau perubahnya.
5.      File Program
Yaitu file yang berisi intruksi-intruksi untuk memproses data yang akan disimpan pada file lain atau pada memori utama. Intruksi-intruksi tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti BASIC, COBOL, FORTRAN, bahasa assembler dan lain sebagainya.
6.      Teks File
Yaitu file yang berisi input data alphanumeric dan grafik yang digunakan oleh sebuah teks editor program. Teks File ini hanya dapat diproses dengan menggunkanan teks editor.
7.      Dump File
Yaitu file yang digunakan untuk tujuan pengamanan (Security), mencatat tentang kegiatan pengUpdatetan, sekumpulan transaksi yang telah diproses atau sebuah program yang mengalami kekeliruan. Dump File merupakan jenis file yang bersifat sementara.
8.      Library File
Yaitu file yang digunakan untuk penyimpanan program aplikasi, program utilitas atau program lainnya. File ini bersifat tetap yang merupakan file sempurnanya dari dump file. Itulah perbedaan antara dump file dengan library file, dimana dump file hanya file sementara yang masih dalam proses perbaikan atau pengembangan sedangkan file library merupakan file finishing dari dump file.
9.      File History
Yaitu file yang menyimpan data yang telah disimpan dalam bentuk suatu periode waktu tertentu yang telah lampau, biasanya digunakan untuk menyusun laporan yang bersifat tetap.
8.      Sebutkan dan jelaskan macam-macam data!
Jawab :
Menurut cara memperolehnya :
a.       Data Primer adalah Data yang dikumpulkan dan diolah sendiri atau suatu organisasi langsung dari subbjeknya.
b.      Data sekunder adalah Data yang diproleh dalam bentuk sudah jadi sudah dikumpulkan dan diolah pihak lain.
Menurut sumbernya :
a.       Data internal adalah data yang menggambarkan kegiatan atau keadaan dalam suatu organisasi.
b.      Data eksternal adalah data yang menggambarkan suatu keadaan atau kegiatan diluar suatu organisasi.
Menurut sifatnya :
a.       Data kwalitatif adalah data yang bukan dalam bentuk angka.
b.      Data kwantitatif adalah data dalam bentuk angka.
Menurut waktu pengumpulannya :
a.       Cross section yaitu dikumpulkan pada waktu tertentu.
b.      Data berkala yaitu data  yang dikumpulkan secara berkala.

Macam-macam MODEL DATA :
a.       Model data berbasis objek, Merupakan himpunan data dan prosedur/relasi yang menjelaskan hubungan logik antar data dalam suatu basiss data berdasarkan obyek datanya terdiri atas :
-  Entity Relationship Model : Model data yang berbasis objek, untuk menghubungkan atau merelasikan antara entitas dalam sebuah model berbasis data.
-  Semantic Model : Suatu model data yang dikembangkan berdasarkan objek.
b.      Model data berbasis record, Model ini berdasarkan record/rekaman untuk menjelaskan kepada pemakai mengenai hubungan logik antar data dalam basis data. Terdiri Dari : Hierarchycal Model, Network Model, Relational Model.
c.       Model data fisik, model ini digunakan untuk menguraikan data di tingkat internal atau menjelaskan kepada pemakai bagaimana data-data dalam basis data disimpan dalam media penyimpanan secara fisik. model ini jarang digunakan karena kerumitan dan kompleksitasnya yang justru menyulitkan pemakai.
d.      Model data konseptual, menyediakan konsep yang sesuai dengan perpsepsi pemakai yang memandang datanya
9.      Sebutkan dan jelaskan hirarki data dan berikan contohnya masing-masing.
Jawab :
Hirarki data adalah susunan data-data berdasarkan urutannya masing-masing secara benar, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling komplek.  
Pengorganisasian data, yaitu:
1.      Bit adalah suatu sistem angka biner yang terdiri atas dua macam nilai saja, yaitu 0 dan 1. Sistem angka biner merupakan dasar dasar yang dapat digunakan untuk komunikasi antara manusia dan mesin (komputer) yang merupakan sekumpulan komponen elektronik dan hanya dapat membedakan dua keadaan saja (on dan off). Jadi bit adalah unit terkecil dari pembentuk data.
  1. Byte adalah bagian terkecil yang dapat dialamatkan dalam memori. Byte merupakan sekumpulan bit yang secara konvensional terdiri atas kombinasi delapan bit. Satu byte digunakan untuk mengkodekan satu buah karakter dalam memori. Contoh: Kode Ascii untuk J ialah 10101010. Jadi byte adalah kumpulan bit yang membentuk satu karakter (huruf, angka, atau tanda). Dengan kombinasi 8 bit, dapat diperoleh 256 karakter (= 2 pangkat 8).
  2. Field atau kolom adalah unit terkecil yang disebut data. Field merupakan sekumpulan byte yang mempunyai makna. Contoh: Joni yang merupakan field nama.  Jadi field ibarat kumpulan karakter yang membentuk suatu kata.
  3. Record atau baris adalah kumpulan item yang secara logic saling berhubungan. Setiap record dapat dikenali oleh sesuatu yang mengenalinya, yaitu field kunci. Gambar 1 merupakan contoh dari record. Jadi record ibarat kumpulan kata yang membentuk satu kalimat yang berarti, misal gambar mewakili kalimat: Joni memenmpuh mata kuliah MIS (kode IS101) dengan nilai A.
  1.  File atau tabel adalah kumpulan record yang sejenis dan secara logic berhubungan. Pembuatan dan pemeliharaan file adalah faktor yang sangat penting dalam sistem informasi manajemen yang memakai komputer. Jadi tabel ibarat kumpulan baris/record yang membentuk satu tabel yang berarti, misal gambar mewakili tabel nilai mata kuliah MIS.
Database merupakan kumpulan file-file yang berhubungan secara logis dan digunakan secara rutin pada operasi-operasi sistem informasi manajemen. Semua database umumnya berisi elemen-elemen data yang disusun ke dalam file-file yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi data untuk kegunaan tertentu. Jadi, suatu database adalah menunjukkan suatu kumpulan tabel yang dipakai dalam suatu lingkup perusahaan atau instansi untuk tujuan tertentu. Contoh suatu database adalah database akademik yang berisi file-file: mahasiswa, dosen, kurikulum, dan jadwal yang diperlukan untuk mendukung operasi sistim informasiakademik.

10.  Siapa saja yang menggunakan basis data jelaskan.
Pemakai basis data dibagi atas tiga klasifikasi, yaitu :
1.      Database Administrator ( DBA ), adalah Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol sistem basis data secara keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan sistem basis data, merencanakannya dan mengaturnya.
2.      Programmer aplikasi adalah Pemakai yang berinteraksi dengan basis data melalui Data Manipulation Language (DML), yang disertakan (embedded) dalam program yang ditulis pada bahasa pemrograman induk (seperti C, pascal, cobol, dll)
3.      End User, orang yang mengakses basis data melalui terminal dengan menggunakan query language atau program aplikasi yang dibuat oleh progammer.
End user dapat diagi dua yaitu : - naïve end user adalah pemakai yang tidak berpengalaman, berinteraksi dengan sistem tanpa menulis progam, tinggal menjalankan satu menu dan memilih proses yang telah ada atau telah dibuat sebelumnya oleh programmer. – casual end user adalah pemakai yang tidak berpengalaman,, berinteraksi dengan sistem tanpa menulis program tetapi memakai bahasa query.
11.  Buat beberapa tabel yang dapat membedakan antara field, record, file, dan database!
Jawab :
Tabel Field dan Record



Tabel File


Tabel Database








       

                 
        




Komentar

Postingan populer dari blog ini

3. Etika Dalam Komputer

Etika komputer adalah seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan komputer. Etika komputer berasal dari 2 suku kata yaitu etika (bahasa Yunani: ethos ) adalah adat istiadat atau kebiasaan yang baik dalam individu, kelompok maupun masyarakat dan komputer (bahasa Inggris: to compute ) merupakan alat yang digunakan untuk menghitung dan mengolah data. Jumlah interaksi manusia dengan komputer yang terus meningkat dari waktu ke waktu membuat etika komputer menjadi suatu peraturan dasar yang harus dipahami oleh masyarakat luas. Etika komputer merupakan seperangkat nilai yang mengatur dalam penggunaan komputer. Jika dilihat dari pengertian masing-masing etika merupakan suatu ilmu/nilai yang membahas perbuatan baik atau buruk manusia yang dapat dipahami oleh pikiran manusia, sedangkan komputer sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data. Sehingga jika kita menggabungkan pengertian dari kata etika dan komputer adalah seperangkat nilai yang mengatur manusia

Data dan Basis Data

5.1 Pengertian data dan Informasi             Data adalah suatu objek, kejadian, atau fakta yang terdokumentasikan dengan memiliki kodifikasi terstruktur untuk suatu atau beberapa entitas.             Informasi adalah sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data. Data yang sudah ada dikemas dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna. Berikut adalah definisi informasi berdasarkan berbagai sumber. 5.2 Dari Bit ke Informasi             Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner, sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit. Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputerisasi dan informasi digital. Sejak diciptakan pertama kali, komputer berkerja atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang disebut dengan istilah bit (binary digit), berupa 0 dan 1. Hanya dengan dua kemungkinan bilangan inilah