istilah multimedia berawal
dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu
medium sering kali disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia
mencakup monitor video dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.
Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an, sejak permulaan tersebut hampir
setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Pada tahun
1994 diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
Lahirnya
teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik,
teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan
gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi
suara maupun video dalam bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan
teknologi dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan
didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk
interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user. Teknologi
Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras
maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta
pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir diseluruh aspek
kegiatan.
Multimedia
sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia
juga diadopsi oleh dunia Game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia
pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media
pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis,
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan
sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Definisi-definisi multimedia
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila
dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya
terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang
dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai
dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Menurut IBM, multimedia adalah
gabungan video, audio, grafik dan teks dalam suatu produksi bertingkat berbasis
komputer yang dapat dialami secara interaktif atau menurut McCormick multimedia
secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu suara, gambar dan teks atau
menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan
presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik,
animasi, audio dan gambar video
Dalam
industri elektronika menurut Suyanto (2003 : 20), Multimedia adalah kombinasi
dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan
kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick, 1996) atau
multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output
dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik
dan gambar (Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
Definisi yang lain dari multimedia, yaitu dengan menempatkan dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh Hofstetter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Definisi yang lain dari multimedia, yaitu dengan menempatkan dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh Hofstetter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti
banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari
beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan
presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif
yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai
informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik
dan animasi.
Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu
kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi
itu tersaji dengan lebih menarik.
“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
(Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen,
yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi
dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau
Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video
(Robin dan Linda, 2001). Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat
dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi)
dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi,
berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat
komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan
apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai
dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai
menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia
menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan
mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada,
bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer
untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau
tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan
maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai
ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan
multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online
(Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”
Aplikasi Multimedia
Berbagai
aplikasi multimedia :
Tabel 1 Aplikasi multimedia
Aplikasi
|
Keterangan
|
Presentasi bisnis
|
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif
untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien.
|
Pelatihan berbasis komputer
(CBD/Computer Based Training)
|
Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran
tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh, CBT digunakan
untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti
ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi yang dapat divisualisasikan,
tetapi bunyi percikan api ketika busi dites juga diperdengarkan.
|
Hiburan
|
Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk
membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
|
Pendidikan
|
Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajara-pelajaran
yang sulit diterangkan (misalnya fisika dan matematika) dengan cara
konvensional.
|
Penyajian informasi
|
Multimedia dapat dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau
kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu, multimedia juga memungkinkan
penerbitan elektronis, baik dalam bentuk buku elektronis maupun koran
elektronis.
|
Kios interaktif
|
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada
tempat-tempat umum (misalnya mall atau universitas). Pemakai dapat
berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.
|
Telekonferensi
|
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap
melalui kamera kecil yang dihubungkan kemasing-masing komputer pemakai.
|
Elemen Multimedia
Sebagaimana tersirat dalam definisi
multimedia di depan, elemen multimedia meliputi :
- Teks,
- Suara,
- Gamabar statis,
- Animasi, dan
- Video.
1 Teks
Teks merupakan bentuk media yang
paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang menggunakan model
baris perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font
maupun ukuran.
2 Suara
Suara merupakan media ampuh untuk
menyajikan informasi tertentu: misalnya untuk memperdengarkan cara melafalkan
sebuah kata dalam bahasa inggris. Dengan bantuan suara, pemakai dapat
mendengar bunyi suatu kata dengan tepat.
Suara pada
komputer disimpan dengan berbagai format. Tabel 2 memperlihatkan tipe-tipe
berkas suara.
Tabel 2 Format berkas suara pada komputer
Format
|
Ekstensi
|
Keterangan
|
AIFF
|
.aif
|
Kepanjangannya adalah Audio Interface File Format,
merpakan standar berkas suara tersempel pada komputer Apple.
|
AU
|
.au
|
Format suara yang pertama kali dikembangkan oleh Sun.
Terkenal di lingkungan UNIX.
|
MIDI
|
.mid
|
Kepanjangannya adalah Musical Instrument Digital
Interface, merupakan format suara yang khusus menyimpan instrumen musik.
Tidak biasa untuk suara.
|
MP3
|
.mp3
|
Format yang umum digunakan untuk lagu.
|
WAVE
|
.wav
|
Format suara yang biasa dipakai untuk windows.
|
WMA
|
.wma
|
Kepanjangannya adalah Windows Media Audio,
merupakan berkas suara yang mempunyai kualitas seperti CD tetapi dengan
ukuran berkas hanya setengah dari ukuran berkas MP3.
|
Berbagai perangkat lunak dapat
digunakan untuk merekam suara. Sebagai contoh, Sound Recorder yang tersedia pada Windows
dapat digunakan untuk merekam suara dengan format WAVE.
3 Gambar Statis
Kata pepatah,
“Gambar mewakili seribu kata”. Hal ini mencerminkan bahwa sebuah gambar
seringkali dapat lebih berarti bagi seseorang dari pada sejumlah kata.
Umumnya gambar
disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam
penyimpanan eksternal. Untuk melakukan pemampatan ini, ada dua teknik yang
dikenakan. Yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua adalah
teknik lossy. Teknik pemampatan lossy adalah suatu teknik yang
memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai
perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan
cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil mungkin. Teknik pemampatan lossless
adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan
gambar aslinya.
Banyak format
gambar yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer. Beberapa format terkenal dapat
dilihat pada Tabel 3.
Tabel 3 Format beberapa gambar pada komputer
Format
|
Ekstensi
|
Keterangan
|
BMP
|
.bmp
|
Kepanjangannya adalah BitMap Grafics. Format yang
biasa digunakan pada DOS dan Windows.
|
CDR
|
.cdr
|
Format gambar yang dihasilkan CorelDraw.
|
DXF
|
.dxf
|
DXF (Drawing eXchange Format) adalah format gambar
yang dihasilkan program AutoCAD.
|
EPS
|
.eps
|
Kepanjangannya adalah Encapsulated PostScript.
Format yang dapat digunakan untuk teks dan gambar.
|
GIF
|
.gif
|
Kepanjangannya adalah Grafics Interchange Format.
Dikembangkan oleh Compuserve pada tahun 1987. Hanya dapat menangani 256
warna.
|
HPG
|
.hpg
|
Format dari Hewlett Packard (Hewlett Packard Graphics
Language).
|
JPG
|
.jpg
.jpeg
.jpe
|
Kepanjangannya adalah Joint Photographic Expert Group.
Tingkat kompresinya sangat tinggi.
|
PCX
|
.pcx
|
Format yang digunakan oleh perangkat lunak Paintbrush.
|
PNG
|
.png
|
PNG (Portable Network Graphics) dirancang oleh W3C
(World Wide Web Consortium) untuk menggantikan GIF dan JPEG. Formatnya
didesain supaya tidak tergantung pada mesin, sehingga dapat ditangani oleng
sembarang jenis komputer dan sistem operasi.
|
TGA
|
.tga
|
Format Targa (TGA) merupakan format berkas gambar yang
dimuat oleh True Vision, Inc. untuk mengimplementasikan true color
(warna alami yang mengandung jutaan warna).
|
TIFF
|
.tif
|
Kepanjangannya adalah Tagged Image File Format.
Format ini bisa digunakan pada desktop publishing.
|
WMF
|
.wmf
|
Kepanjangannya adalah Windows MetaFile. Biasa
dijumpai pada Windows.
|
WPG
|
.wpg
|
Format gambar yang dihasilkan oleh DrawPerfect.
|
Berbagai
perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar statis. Adobe Photoshop merupakan
contoh perangkat lunak terkenal di Windows yang digunakan untuk memanipulasi
gambar dan foto. Di
lingkungan Linux terdapat GIMP. Paint merupakan program grafik sederhana yang
dapat digunakan untuk membuat gambar dengan menggunakan mouse.
4 Animasi
Animasi berarti
teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Berbagai teknik animasi telah
diciptakan. Cara sederhana untuk membuat gambar bergerak adalah dengan
menggunkan sejumlah gambar yang berbeda sedikit.
Teknik animasi
yang lain yang sangat terkenal adalah morphing. Teknik ini dilakukan dengan
menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir. Teknik ini digunakan pada film
Terminator.
5 Video
Video adalah
teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi
umum dari teknologi video adalah televisi. Istilah video juga digunakan sebagai
singkatan dari videotape, dan juga perekam video dan pemutar video.
Banyak format
video yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer. Beberapa format terkenal dapat
dilihat pada Tabel 4.
Tabel 4 Format berbagai video pada komputer
Format
|
Keterangan
|
AVI
|
Kepanjangannya adalah Audio/Video Interleaved,
merupakan standar video pada lingkungan windows.
Ekstensi : .avi
|
MOV
|
Format ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format video
yang paling banyak digunakan di Web.
|
MPEG
|
Kepanjangannya adalah Motion Picture Experts Group,
merupakan format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD.
|
Contoh perangkat lunak terkenal yang biasa digunakan untuk
membuat film dengan format AVI ataupun yang lain yaitu Adobe Premiere. Windows
juga menyediakan perangkat lunak untuk keperluan ini, yaitu Windows Movie
Maker.
Perangkat Lunak Untuk Menciptakan
Program Multimedia
Perangkat lunak
yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut multimedia
authoring system (atau sering disebut authoring software). Beberapa
contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest,
Icon Author, dan Multimedia Director
Makasih gan udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............
BalasHapusbisnistiket.co.id
sama-sama gan ...
Hapusmantul
Hapus