kERANGKA PORTAL
Untuk melihat sebuah solusi portal
kompetitif, kita telah membagi berbagai macam komponen yang terkait dengan
portal ke dalam lapisan-lapisan jasa atau servis. Tipe dari kerangka ini
memungkinkan sebuah perusahaan merakit sebuah arsitektur yang solid untuk satu
atau banyak portal, dibandingkan bila menyandarkan pada pembuat portal tunggal.
Kerangka yang fleksibel dan terskala memungkinkan sebuah portal perusahaan
untuk menyusun sebuah gabungan teknologi baru perusahaan dan fungsionalitas.
Perusahaan akan ingin mencampur dan
memadukan jenis elemen yang terbaik dari solusi portal dengan mempertimbangkan
lapisan-lapisan jasa atau pelayanan ini.
Lapisan ini adalah kerangka portal
menguraikan antara presentasi isi suatu portal dengan pengguna akhir (end
user) dan menyajikannya ke dalam web interface. Window browser utama mungkin disegmentasikan dalam frame untuk setiap aplikasi khusus atau browser window baru dapat dibuat jika ada aplikasi baru yang diinginkan. Ini biasa
dilakukan di HTML (Hyper Text Markup Languange) , tapi juga bisa
dilakukan di WML (Wireless Markup Languange) untuk peralatan wireless,
atau banyak format lain di masa yang akan datang. Karena sebuah portal adalah
kumpulan dari jendela yang berbeda (juga sering disebut sebagai web service), pertanyaannya adalah dimana presentasi bekerja sampai selesai atau dia
justru tidak memberikan solusi atas suatu masalah.
Sebuah portal adalah agregat satu atau
lebih informasi. Jasa informasi dapat dimengerti sebagai informasi yang penuh
makna-dimana dapat berasal dari sumber data terstruktur, sumber isi tak
terstruktur di dalam perusahaan, atau informasi eksternal yang tersedia dalam web site publik atau pribadi. Informasi dapat berasal dari pihak ketiga (third
party) dalam format sebuah web servis (seperti serikat dagang), atau dapat
disediakan dalam format dokumen. Pengguna akhir kemudian dapat berlangganan (subcribe)
pada satu atau lebih jasa informasi dalam bagian basis pribadi sesuai
pengaturan portal.
Sebuah kerangka portal yang kuat adalah
portal yang memungkinkan jasa infrastruktur berbagai level dimana menyediakan
penggabungan komprehensif dan platform terintegrasi. Ini termasuk servis
berhubungan untuk memunculkan keseimbangan, penimbunan bahan-bahan,
ketersediaan dan performansi yang tinggi yang disediakan oleh lingkungan web
server, sebagai hal yang mendasari infrastruktur keamanan. Infrastruktur
keamanan pada lapisan ini terdiri akses keamanan yang berhubungan dengan isu (firewall,
VPN, dan sebagainya). Juga termasuk sinkronisasi LDAP, penyatuan
otentifikasi, login tunggal lintas-platform dan otorisasi dari servis portal.
- Manajemen
Identitas atau Jasa Sekuritas
Jasa identifikasi berhubungan dengan
keamanan dalam level suatu portal pada tingkat cross-aplikasi (lintas aplikasi). Ini termasuk juga jasa otentifikasi
(username/manajemen password), sinkronisasi LDAP, sign-on, group, dan sebagainya).
Ini juga termasuk jasa otorisasi, dimana
memetakan aturan, hak istimewa pengguna akhir (user) dalam kebijakan
untuk mengatur otorisasi disediakan dalam level ini, user dapat menset up/
mengatur keamanan content service. Dalam arsitektur portal yang terintegrasi dengan baik, front end dengan lapisan (Administrasi dan Content) akan mengkomunikasikan dalam
sebuah dasar/basis, set independen dari servis keamanan.
- Servis
Manajemen atau Adminstrasi
Servis manajemen atau administrasi
sangat diperlukan oleh portal untuk kemudahan administrasi dan dukungan,
mengijinkan “power user“ (user yang berkuasa) untuk mengkonfigurasikan kerangka portal untuk
komunitas end user (user akhir). Dalam hal ini, organisasi IT dapat mengkonfigurasikan,
mengatur dan mendukung environment (lingkungan).
Jasa adminstrasi ditawarkan melalui
interface web (dalam banyak portal), dalam beberapa kasus ada client atau program server
yang membuat administrasi menjadi mudah. Servis ini termasuk manajemen
taksonomi (pengklasifikasian), manajemen user, manajemen konfigurasi, manajemen
aturan, modul registrasi, dan servis informasi.
- Akses
dan Servis Integrasi
Sebuah solusi portal komprehensif akan
menyediakan arsitektur untuk mencoba aplikasi dan database back-end. Lapisan
servis akses dan integrasi menyediakan fungsionalitas baik kepada portal,
maupun kepada portlet individual. Lapisan ini diikat dalam sebuah solusi EAI untuk memperoleh
akses pada pengalih back-end atau API. Lapisan servis integrasi dan akses yang
terformulasi dengan baik akan memungkinkan pembangunan adapter tambahan untuk
sistem yang baru dibutuhkan.
- Servis
konten (Content servis)
Servis konten adalah bagian penting dari
sebuah solusi portal komprehensif. Servis konten merupakan kesepakatan dengan
manajemen aset digital yang tak terstruktur dalam portal. Secara umum ini
termasuk full text indexing
engine (mesin penunjuk full
teks), satu set crawler(penelusur) yang memungkinkan navigasi dan penunjukan konten yang ada,
gudang metadata, dan sebuah CMS (Content Management Service) yang
memungkinkan pendaftaran dan persetujuan isi (konten) ke dalam portal. Lapisan
ini juga termasuk manajer taksonomi.
- Servis
kolaborasi (kerjasama)
Servis kolaborasi memungkinkan end user
(pengguna akhir) dari portal untuk bekerja bersama secara lebih efektif dengan
menyediakan ruang kerja (workspace) bersama, gudang dokumen bersama
(shared documents repository), forum interaksi atau diskusi real time. Servis kolaborasi juga memungkinkan pendefinisian dan eksekusi dari
aliran kerja lintas perusahaan dan di luar perusahaan pada sumber isi yang
berbeda dan sistem back-end.
- Servis
pembangunan (Development service)
Servis pembangunan adalah sebuah
lingkungan yang mengijinkan pembangunan portal secaracustom (sesuai selera), modul portal (custom), atau portlet. Sering kali portlet diimplementasikan sebagai tingkatan dari web service. Servis pembangunan memungkinkan kreasi dari modul ini, dengan menyediakan
HTTP, rendering, kustomisasi, dan servis XML yang terkait. Servis pembangunan juga
menyertakan alat pendukung dan metodologi-metodologi.
- Servis
aplikasi (Application
services)
Servis aplikasi adalah servis yang
dihasilkan melalui engine portal atau asisten portal melaluiinterface API (kadang dikenal sebagai portlet atau gadget) atau lapisan EAI. Servis aplikasi menyertakan interface dan integrasi pada paket software perusahaan seperti SAP dan Oracle ERP
solution, Siebel ERM solution, PeopleSoft HR Solution, dan i2 SCM solution.
Servis aplikasi juga menyediakan akses untuk sistem legasi yang berbeda,
manajemen konten, manajemen dokumen dan kolaborasi.
Komponen Fungsional Portal
Portal menyediakan kombinasi “out of the box“ (di luar kotak) dan pengaturan fungsionalitas sesuai keinginan yang
memungkinkan user untuk menemukan, mengatur, mengkategorikan, dan menggunakan
isi dan aplikasi-aplikasi. Walau tidak semua portal mempunyai feature
(keistimewaan) tersebut, hal ini menggambarkan pandangan tingkat tinggi dari
elemen-elemen yang bisa dibuat sebagai solusi portal.
Walau taksonomi dapat didefinisikan
sebagai direktori isi (konten) untuk sebuah informasi perusahaan yang tak
terstruktur, ini bisa dikelompokkan sesuai isi dan dipresentasikan kepada user
dengan berbagai cara. Baik substansi dan tingkah laku dari direktori yang
ditetapkan sebagai taksonomi untuk sebuah perusahaan.
Daftar bertakik, pohon klasifikasi dan
hirarki adalah cara lain menggambarkan struktur taksonomi, bagaimanapun jua,
hal ini akan memberi kita cara untuk mengorganisasikan isi ke
dalam struktur yang mudah dibrowse oleh pengguna portal.
Direktori portal adalah organisasi dari
isi dalam struktur dan hirarki kategori.
Direktori merupakan implementasi dari
taksonomi (pengklasifikasian) portal perusahaan.
- Browse atau
navigasi dokumen
Feature ini memungkinkan pengguna portal
untuk mencari isi dengan menelusuri struktur direktori.
Bagian fundamental dari implementasi portal
adalah kemampuannya mencari (search), dengan mengindeks atau merujuk isi
perusahaan dari sistem penyimpanan yang beraneka ragam dan memungkinkan
pengguna untuk mencari dan memperoleh isi didasarkan kriteria pilihan.
Pencarian melintasi banyak portal yang
beraneka dan aplikasi terintegrasi yang direferensikan sebagai “kumpulan“ atau
pencarian jaringan. Dalam skenario ini, pengguna dapat menspesifikasikan
kriteria
pencarian sekali, tetapi memperoleh links dari isi yang berkaitan
dari bermacam-macam sumber data yang menjadi sasaran pencarian.
Manajemen isi adalah proses penciptaaan,
kontribusi, pemunculan kembali, persetujuan, publikasi, pengiriman, dan
pemeliharaan konten yang terintegrasi dengan melalui portal atau website lain.
Manajemen isi biasanya berbentuk teks dan grafis yang bisa dilihat dari web
browser.
Manajemen dokumen sama dengan manajemen
konten, meskipun ini didasarkan pada kontrol dan manajemen dokumen perusahaan
(berbeda dari halaman web) yang disimpan dalam file elektronik, termasuk image hasil scan dari kertas dokumen.
Ini juga termasuk pengecekan dokumen masuk dan keluar untuk memastikan kontrol
versi.
Pengaturan yang didasarkan pada
kemampuan portal untuk memungkinkan penggunannya mengatur penampilan mereka
sendiri (pada atribute interface look – and – feel). Pengaturan umumnya mengakomodasikan
penampilan dari pola warna, modul, dan lay out dari modul dan konten dari
halaman portal.
Personalisasi portal dapat dilihat pada
berbagai tingkatan. Setiap pengguna dapat mempunyai setting untuk setiap fungsi
portal yang dapat mereka gunakan. Sebuah komunitas, atau kelompok pengguna,
dapat mempunyai setting tersendiri dan setting tersebut dapat diluncurkan ke
level organisasi. Portal menyediakan kerangka bagi penggunanya untuk menyimpan
setting dan menyesuaikan isinya seperti apa yang mereka ingin lihat.
- Penemu
ahli (Expert locator)
Dalam rangka menolong pengguna mencari
informasi yang penting bagi mereka, sebuah portal bisa sangat berguna dalam
menemukan “ahli” dalam suatu organisasi. Ini merupakan perluasan konsep dari
pengetahuan perusahaan untuk memasukkan orang dan keahliannya masing-masing.
Dalam beberapa kasus, keahlian (skill) ini tercermin dari
fungsi pekerjaan dan tipe informasi yang mereka tangani. Dalam kasus yang lain
keahlian ini bersifat eksplisit.
Sebuah solusi EIP (Enterprise Information Portals) dapat menjadi alat kolaborasi yang sangat kuat. Fungsi kolaborasi
memungkinkan kelompok pengguna bekerja bersama untuk berbagi ide dan
menyelesaikan kerja sebagai tim. Kolaborasi menyertakan interaksi elektronik
diantara pengguna dalam lokasi fisik yang berbeda dalam waktu nyata (real
time) “syncronous“ dan dalam waktu berbeda “asyncronous“.
Forum kolaborasi berupa pesan instan (instan messaging) “chat“,
ruang kerja tim, dan forum diskusi, sharing document, papan elektronik, konferensi virtual, dan konferensi video.
Sebagian besar portal perusahaan dapat
berfungsi sebagai universal front-end untuk komponen yang berbeda dari solusi business intelegence, membantu penggunanya membuat keputusan
bisnis yang lebih baik. BI memasukkan pelaporan perusahaan, laporan ad hoc (khusus), analisis
OLAP dan multidimensi, dan laporan pengecualian.
Alerts adalah pemberitahuan adanya event atau perubahan yang
didasarkan pada satu atau lebih kondisi yang melibatkan informasi tunggal atau
beragam atau sumber aplikasi. Pemberitahuan ini dapat dikirim ke portal sebagai
mekanisme lain seperti email atau peralatan wireless. Alertsbiasanya mengakomodasikan keinginan pengguna individual, diantaranya
mekanisme pengiriman dan format, kondisi yang memicu alerts, dan frekuensi pemberitahuan.
- Langganan/Apa
berita terbaru?
Beberapa portal (dan webste lain dan
aplikasi-aplikasi lain) memungkinkan individual untuk mendaftar pada topik yang
menarik atau berlangganan “subscribe” pada sebagian komponen atau
berdasar kategori isi (konten). Portal akan memberitahukan pelanggan ketika isi
berubah atau isi yang baru ditambahkan.
Aliran kerja didasarkan pada manajemen
elektronik efisien dari proses bisnis, termasuk peranan, tugas, template, penilaian, penyetujuan, dan prosedur kenaikan. Dalam portal, sistem workflowini diselenggarakan dan dintegrasikan untuk meningkatkan interaksi antar
komponen modul portal yang berbeda yang melalui aliran proses bisnis. Dalam hal
ini, pemberitahuan mengingatkan bahwa tahapan atau tugas dari workflow (aliran kerja) telah ditentukan sudah dikirim ke portal kepada penggunanya.
Kemampuan untuk melihat informasi dari
berbagai macam sistem, berbagai macam format, yang ditampilkan dalam satu
halaman dengan harapan memberikan manfaat besar pada komunitas pengguna portal.
Hasil ini secara signifikan akan mengurangi training dan orientasi pekerja,
sebagai penghematan waktu dari pengguna yang dapat memonitor dan update beraneka ragam sistem
melalui tampilan web tunggal dari perusahaan. Semenjak sistem yang berbeda menyusun sebuah
halaman portal bisa diamankan dengan user login yang berbeda, solusi single signonmemfasilitasi navigasi diantara sistem dalam pola otentifikasi tunggal.
Daftar Pustaka
Efraim Turban, David King, etc (2002). E-Commerce Management Perspectives. Prentice Hall. Atau edisi terbaru [TB]
Jeffrey Rayport, Bernard J Jaworsky (2003). Introduction e-Commerce. McGraw Hill Inc [RY]
Tambahan : Joe Peppard & Phillip Rowland (1995). The Essence of Business Process Rengineering. Prentice Hall Ltd [Pp]
Tambahan : Omar el Sawy (2001). Redesigning enterprise Process for e-Business. McGraw Hill Inc [SW]
Komentar
Posting Komentar